Info Wisata Tangkuban Perahu Lembang, Harga Tiket Masuk dan Legenda Sangkuriang


Saat ini wisatapedia akan mereview wisata tangkuban perahu lembang mencakup alamat, harga tiket masuk wisata, legenda dan juga ada apa saja di wisata tersebut.

Walaupun tempat ini bukan merupakan wisata terbaru di lembang bandung, lokasi piknik ini tetap selalu menjadi destinasi favorit  dan juga terpopuler untuk mengisi liburan.

Tempat ini merupakan sebuah gunung yang terletak di kawasan lembang, jawa barat. Jarak gunung ini jika dari pusat kota bandung kurang lebih sekitar 20 km dan bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan jika tidak macet.

Selain sebagai destinasi wisata bagi masyarakat kota bandung, tempat ini juga termasuk salah satu wisata alam yang cukup populer di indonesia.

Kepopuleran gunung ini tidak terlepas dari legenda cerita rakyat sangkuriang yang menjadi asal mula terbentuknya gunung tangkuban perahu.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari wikipedia, gunung ini pernah terjadi beberapa kali letusan sehingga membentuk kawah-kawah yang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata diantaranya kawah ratu, kawah omas, kawah upas dan beberapa kawah kecil lainnya.

Wisata paling populer di bandung ini pernah sempat ditutup untuk umum pada bulan july sampai oktober akibat terjadinya erupsi, tetapi saat ini mulai dari tgl 21 oktober 2019 taman wisata alam gunung tangkuban perahu sudah mulai dibuka kembali untuk tujuan wisata.

Setelah berlalunya pasca erupsi beberapa bulan yang lalu daya tarik pemandangan alam di lokasi ini tidak berkurang, selain pemandangan alam yang bagus suhu udara yang dingin juga yang membuat para pengunjung tidak pernah bosan untuk kembali mengunjungi lokasi wisata ini.

Untuk anda yang ingin berwisata ke gunung yang sangat legendaris ini silahkan saja, karena saat ini sudah aman, harga tiket wisata nya juga cukup murah kok hanya berbeda sedikit dari wisata farm house lembang.

Info Harga Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu Lembang Sekarang

Untuk harga tiket masuk wisata lembang ini cukup terjangkau akan tetapi berbeda antara hari biasa dengan weekand. Berikut perincian harga tiket masuk wisata tangkuban sekarang:

* wisatawan lokal hari biasa Rp 20.000 weekand Rp 30.000.
* wisatawan mancanegara hari biasa Rp 200.000 weekand Rp 300.000
* parkir roda dua ( motor ) hari biasa Rp 12.000 weekand Rp 17.000
* parkir roda empat ( mobil ) hari biasa Rp 25.000 weekand Rp 35.000
* parkir roda enam ( bus ) hari biasa Rp 110.000 dan weekand Rp 150.000
* parkir sepeda hari biasa Rp 7.000 dan weekand Rp 10.000.

Harga tiket diatas berlaku untuk anak dan juga dewasa, tetapi jika anak umur dibawah 3 tahun terkadang di kasih gratis.

Karena kondisi alam sekitarnya yang sangat bagus, para sobat juga bisa loh memamfaatkan tempat ini untuk foto pernikahan seperti di stone garden citatah.

Untuk foto pernikahan adalah Rp 500.000 sedangkan untuk video shooting biayanya Rp 800.000.

Untuk lebih mudahnya tiket masuk bisa anda beli online melalui traveloka , karena terkadang ada potongan berupa discount.
Jam buka wisata tangkuban perahu .

Taman wisata alam lembang ini buka setiap hari walaupun hari minggu dan libur nasional pun tetap buka. Jam operasional mulai buka dari pukul 07.00 dan tutup 17.00 WIB .
Biasanya sih sekitar jam 16.00 para pengunjung sudah siap-siap turun dari lokasi wisata. Jika kalian belum puas bermain, mungkin bisa di lanjutkan ke lembang wonderland yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sana yang tutupnya sampai malam hari.

Cerita Legenda Tangkuban Perahu Bandung

Nama gunung ini diambil dari bahasa sunda yang artinya perahu terbalik, tangkuban = telungkup sedangkan parahu = perahu , menurut sinopsis cerita rakyat legenda yang beredar konon gunung ini terbentuk dari parahu yang terbalik begini ceritanya.

Pada jaman kerajaan padjajaran ada seorang putri raja yang bernama dayang sumbi yang senang menenun kain, ketika sedang membuat kain, alat tenunnya jatuh berulang kali.

Karena merasa lelah dia pun membuat sumpah pada dirinya bahwa siapa saja yang bisa membantu mengambil alat tenunnya yang jatuh maka akan di jadikan suaminya.

Ketika itu datanglah seekor anjing yang bernama tumang. Tumang ini merupakan jelmaan seorang manusia yang memiliki kesaktian.

Untuk memenuhi janjinya akhirnya dayang sumbi terpaksa harus menikah dengan tumang.

Dari hasil pernikahannya mereka pun memiliki anak yang diberi nama sangkuriang, lambat laun sangkuriang pun tumbuh menjadi remaja yang gagah dan gemar berburu.

Pada suatu hari dayang sumbi memiliki keinginan untuk memakan hati rusa dan akhirnya menyuruh anaknya pergi berburu kehutan bersama seekor anjing yang tidak lain adalah ayahnya sendiri yaitu si tumang.

Tetapi hasil berburu kali ini sangkuriang tidak membuahkan hasil, karena kecewa tidak mendapatkan seekor rusa sangkuriang pun mengambil sebuah anak panah dan mengarahkannya pada situmang karena tidak ingin mengecewakan ibunya

Akhirnya tewaslah si tumang terkena panah dari anaknya sendiri. Lalu diam-diam sangkuriang pun mengambil hati milik si tumang dan menyerahkannya kepada ibunya.

Alhasil ketika pulang dayang sumbi pun merasa sangat senang karena merasa anaknya berhasil dalam perburuan, padahal yang diserahkan kepada ibunya tersebut adalah hati milik si tumang.

Keesokan harinya dayang sumbi pun heran karena tidak melihat si tumang, dan bertanya pada anaknya dimana keberadaan anjing tersebut.

Karena merasa takut sangkuriang pun mengakui dan menceritakan kejadian sesungguhnya sewaktu berburu dihutan.

Mendengar ceritanya dayang sumbi pun sangat murka lalu memukul anaknya sampai meninggalkan bekas dikepala sangkuriang.
Setelah itu sangkuriang pun diusir dari rumah.

Konon setelah diusir sangkuriang pun sangat sedih dan tidak henti-hentinya menangis, air mata dari hasil tangisan sangkuriang ini pun membentuk sebuah sungai yaitu sungai cikapundung dan mengalirkan airnya hingga ke curug omas yang berada di taman hutan raya juanda dago.

Setelah diusir sangkuriang pun merantau bertahun-tahun lamanya dan tumbuh dewasa, sampai pada suatu hari sangkuriang bertemu dengan seorang gadis cantik , melihat kecantikannya sangkuriang pun jatuh cinta pada gadis tersebut yang tidak lain adanya ibunya sendiri.

Singkat kata akhirnya mereka pun menjadi sepasang kekasih yang pada awal pertemuan kembali mereka tidak mengetahui bahwa mereka adalah ibu dan anak.

Setelah menjadi sepasang kekasih sampai akhirnya sangkuriang merencanakan akan menikahi gadis tersebut. Sampai suatu hari dayang sumbi sedang mengelus rambut tunangannya tersebut dia melihat ada bekas luka yang sama dengan anaknya.

Dari bekas luka itulah baru dia sadar bahwa hampir saja dia menikahi anaknya sendiri. Karena sudah sadar bahwa itu adalah anaknya dayang sumbi pun menjelaskan pada sangkuriang bahwa dayang sumbi tersebut adalah ibu kandungnya , tetapi tetap saja sangkuriang tidak mau tau dan gelap mata.

Karena penjelasan tersebut tidak didengar oleh sangkuriang dayang sumbi pun merencanakan untuk menggagalkan pernikahan tersebut dengan cara mengajukan syarat kepada sangkuriang jika ingin menikahinya.

Syarat yang diajukan adalah sangkuriang harus bisa membuah sebuah danau dan sebuah perahu yang harus diselesaikan sebelum ayam berkokok dan fajar menyingsing.

Akhirnya sangkuriang pun menyetujui permintaan dayang sumbi tersebut. Berkat kesaktian yang dimiliki sangkuriang, menjelang fajar hampir menyingsing sebuah danau dan perahu sudah hampir selesai dibuat.

Merasa bahwa permintaannya hampir saya terkabulkan dayang sumbi pun berdoa kepada tuhan sambil membakar jerami, efek dari pembakaran jerami tersebut langit pun berubah menjadi kemerahan pertanda fajar telah menyingsing.

Dari sana akhirnya ayam berkokok lebih awal dari biasanya yang menandakan hari telah pagi. Mengetahui hari sudah pagi tetapi permintaan dayang sumbi belum selesai berarti sangkuriang telah gagal.

Setelah mengetahui dia gagal dan merasa dibohongi oleh dayang sumbi akhirnya sangkuriang pun sangat murka lalu menendang perahu tersebut sampai melayang jauh hingga terbalik, karena kesaktiannya perahu terbalik tersebut pun berubah menjadi sebuah gunung yang sekarang dinamakan gunung tangkuban perahu.

Info wisata tangkuban perahu ada apa saja .

Jika kita ke tempat wisata tangkuban berarti otomatis kalian akan berkunjung untuk melihat beberapa kawah dan pemandangan alam yang begitu luar biasa.

Ada beberapa kawah yang biasa menjadi tujuan wisata di gunung tangkuban perahu diantaranya :

1. Kawah Ratu .

Kawah ratu tangkuban ini merupakan kawah paling besar dan. Terluas diantara kawah lainya.

Bentuk kawah ini seperti menyerupai mangkok sehingga para pengunjung wisata bisa melihat dasar kawah dari atas ketinggian.

Di setiap musim liburan di pinggiran kawah ratu ini kalian akan melihat banyak sekali pengunjung yang berdiri di sekitar kawah untuk melihat keindahan alam ini dan untuk berfoto-foto.

Untuk keamanan pengunjung pinggiran disekeliling kawah ratu ini sudah dibuat pagar besi, disini kali bisa berdiri melihat indahnya dinding kawah terkadang melihat ada asap yang keluar dari kawah.

Asap yang keluar dari kawah ini sebagai pertanda bahwa gunung tangkuban perahu ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif.

2. Kawah Upas .

Kawah Upas ini letaknya berada di sebelah kawah ratu, walaupun tidak sebesar kawah ratu kawah upas ini juga cukup digemari para pengunjung wisata.

Keindahan kawah upas ini terletak pada dinding kawahnya, dan jika kita berada di kawah upas para pengunjung bisa melihat dua kawah sekali yaitu kawah upas dan kawah ratu, hal tersebut dikarenakan letak posisi kawah upas ini lebih tinggi dari kawah ratu.

3. Kawah Domas .

Kawah domas ini letaknya sedikit lebih jauh dibawah kawah ratu, kawah domas ini juga merupakan salah satu favorit bagi pengunjung yang melakukan wisata di gunung tangkuban perahu.

Untuk ke kawah domas ini para wisatawan perlu sedikit berjalan kaki karena letaknya agak sedikit jauh dari jalan utama bagi pengunjung tempat wisata.

Di kawah ini kalian bisa bermain dekat sekali dengan kawahnya bahkan bisa juga berendam kaki para sobat di kolam air belerang setelah lelah berjalan.

Konon air belerang di kawah ini punya khasiat yang sama seperti di ciater subang yang jaraknya hanya 10 menit dari sana yaitu bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan menghaluskan kulit.

Selain rendam kaki disana juga terdapat satu kolam yang airnya panas sekali dan dapat kalian gunakan untuk merebus telur.

Sekedar saran buat yang ingin wisata, kalau kesana sebaiknya kunjungi dulu kawah lainnya, kalau ke kawah domasnya jalur terakhir saja.

Jadi setelah lelah berjalan pasti teman semua merasa laper khan, nah setelah merasa lapar baru lah kalian main di kawah domas sambil makan telur, pasti seru khan.


Jika para teman semua tidak membawa telur sendiri, kalian bisa beli disana karena disekitar kawah domas domas banyak pedagang telur yang tidak lain adalah warga sekitar tangkuban perahu.

Rute jalan ke wisata gunung tangkuban perahu. 

Untuk kalian yang ingin melakukan kunjungan ke wisata lembang ini ada beberapa rute jalan yang bisa kalian gunakan diantaranya:

- jika dari jakarta atau bandung menggunakan mobil anda bisa keluar melalui gerbang tol pasteur lalu menuju jalan sukajadi - ledeng - jl.bandung lembang melewati tempat wisata the great asia afrika lalu lurus terus saja sampai pasar lembang lalu berbelok kekiri menuju jalan tangkuban perahu dan tinggal lurus terus saja, kalian akan sampai di wisata tangkuban perahu.

- jika dari subang anda bisa keluar di gerbang tol subang lalu terus ke jl.oto iskandar dinata - jl.cijambe - jl. Cagak lalu melewati tempat wisata ciater tinggal lurus saja anda akan sampai di tangkuban perahu.

Fasilitas wisata gunung tangkuban perahu lembang.

Fasilitas umum di wisata bandung ini sudah sangat memadai seperti tersedianya toilet, parkir kendaraan sudah sangat luas.

Sarana tempat ibadah juga sudah ada berupa mushola. Selain itu jika lapar dan haus juga banyak warung tempat berjualan makanan dan minuman disekitar kawah.

Jika kalian lelah juga sudah ada tempat peristirahatan pengunjung seperti gazebo dan banyak tempat duduk.

Tempat Wisata Yang Dekat Dengan Tangkuban Perahu Lembang

Banyak sekali lokasi wisata yang berdekatan dengan wisata alam gunung tangkuban perahu karena jalur lembang ini terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata.

Berikut beberapa wisata yang dekat dengan tangkuban perahu :

• Floating Market Lembang.
• Pemandian Air Panas Ciater Subang.
• Grafika Cikole Lembang
• Farm House Susu Lembang
• De Ranch Lembang
• The Great Asia Afrika Lembang.
• Maribaya Resort
• dan masih banyak lainnya.

Hotel atau Penginapan Dekat Tangkuban Perahu Lembang.

Jalur jalan raya lembang sampai dengan jalan tangkuban perahu ini selain banyak tempat piknik, juga penginapan baik berupa hotel, villa, wisma dan masih banyak lainnya. Jadi kalau teman-teman ingin menginap tinggal pilih saja sesuai budget masing-masing, untuk referensi cek harga kalian bisa cek di agoda.

Tips ke wisata gunung tangkuban perahu .

Untuk ke wisata  ini ada beberapa tips yang akan kami bagikan diantaranya:

- pergunakan pakaian yang tebal kalau perlu sebaiknya gunakan jaket karena suhu udara di tangkuban perahu sangat dingin.

- jika anda tidak kuat dengan bau belerang sebaiknya bawa masker, jika tidak punya masker anda bisa membelinya di perjalanan atau disekitar lokasi wisata.

- ikuti petunjuk atau papan pengumuman yang sudah ada di lokasi wisata tangkuban perahu karena terkadang ada beberapa lokasi disana yang dilarang bagi pengunjung wisata, mungkin berbahaya seperti misalnya masih terdapat gas beracun atau hal lainnya.

Cukup sekian info dari wisatapedia mengenai gunung legendaris tangkuban perahu lembang bandung, semoga bisa bermamfaat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 WISATAPEDIA - Template Created by goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger