6 Hal Seru di Floating Market Bandung dan Sejarahnya


Kali ini wisatapedia akan mereview sebuah tempat wisata bandung yang sangat seru untuk para sobat kunjungi yaitu floating market lembang.

Di wisata lembang ini para sobat bisa melihat berbagai hal menarik seperti pemandangan alam yang indah, kuliner dan juga berbelanja.

Dari kata nama tempatnya saja pasar apung berarti di sini para sobat bisa berwisata, bermain bahkan sambil berbelanja.

Ketika memasuki lokasi wisata kita akan menemukan banyak pedagang yang menjajakan barang jualannya di atas perahu yang ada di sebuah danau. Kayak mirip di negara thailand ya sob.

Tempat wisata yang dekat dengan de ranch lembang ini juga memiliki berbagai wahana tempat bermain yang menarik untuk para pengunjung.

Dengan fasilitas yang begitu lengkap tentunya tempat wisata ini sangat cocok buat para sobat yang ingin mengisi liburan bersama keluarga maupun kerabat dekat lainnya.

Bicara soal berlibur dengan keluarga, tentu para sobat akan mencari tempat wisata yang memiliki berbagai macam permainan baik untuk dewasa maupun anak-anak supaya tidak membosankan.

Kalau memang itu yang sobat cari, berarti para sobat wajib kunjungi wisata satu ini. Lokasi ini sudah tersedia berbagai wahana permainan yang bakal bikin para sobat happy seharian.

Banyak banget hal seru dan menarik yang bisa para sobat nikmati misalnya miniatur kereta api, ada kota mini, rainbow garden,rumah boneka dan masih banyak lainnya.

Jadi buat para sobat wisata yang penasaran segera kunjungi pasar apung ini, mumpung harga tiketnya masih murah loh.

Harga Tiket Masuk Floating Market Bandung Saat Ini.

Harga tiket masuk wisata lembang ini antara hari biasa dan libur berbeda seperti tangkuban perahu hanya beda angka nominalnya saja ya sob.

Harga tiket masuk tempat wisata floating market ini cukup murah cuma, hari biasa Rp 20.000 perorang sedangkan libur atau weekand Rp 25.000 perorang, harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah ya sob.

Harga tersebut hanya merupakan tiket masuk ke lokasi wisata saja ya sob, belum termasuk berbagai wahana permainan lainnya.

Sedangkan untuk tarif parkir mobil disana adalah Rp 30.000 dan parkir motor Rp 5.000 . Kalau untuk harga wahana permainan dan harga makanan di floating market beranekaragam.

Alamat Floating Market Lembang Bandung.

Untuk alamat pasar apung lembang ini di jl. Grand Hotel No.33E Lembang, Kabupaten Bandung Barat - Jawa Barat Telp : 022-2787766.

Lokasi floating market ini berada dekat pasar lembang dan dekat juga dengan beberapa lokasi wisata lainnya seperti farm house dan the great asia afrika.

Jadi sangat memungkinkan jika kebetulan di kawasan lembang bandung, para sobat bisa keliling ke beberapa tempat wisata sekaligus dalam sehari.

Sejarah Floating Market Bandung.

Sedikit sejarah yang perlu para sobat ketahui mengenai tempat wisata satu ini. Lokasi ini pada dahulu kala merupakan sebuah danau tempat pemancingan yang paling terkenal di kawasan lembang yang bernama situ umar.

Karena semakin sepi orang memancing akhirnya pemilik lahan tersebut menjualnya kepada pihak swasta di tahun 2012 ( info tahun dijualnya kami dapatkan dari wikipedia ya sob ).

Pihak swasta yang membeli lahan situ umar ini tidak lain adalah seorang yang sukses di bisnis factory outlet dan juga tempat wisata farm house susu lembang yaitu Perry Tristianto.

Perry Tristianto ini adalah owner/pemilik dari tempat wisata pasar apung lembang ini dan masih banyak usaha lainnya seperti kuliner Kampung Bakso, Tahu Susu Lembang dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2012 mulailah kawasan situ umar di rombak atau mulai di bangun untuk dijadikan tempat wisata.

Danau situ umar ini mulai diresmikan oleh dinas kepariwisataan bandung pada tanggal 12 Desember 2012 yang sekarang bernama Floating Market atau sering orang menyebutnya Pasar Apung Lembang.

Hal Menarik Yang Bisa Anda Lakukan di Floating Market Lembang.

Banyak sekali hal menarik yang bisa para sobat lakuin selain jalan-jalan dan menikmati pemandangan di pasar apung ini, karena disana banyak banget wahana lainnya yang bisa para sobat nikmati seperti :

1. Mengajak anak melihat miniatur kereta api.

Di tempat wisata ini para pengunjung bisa mengajak anak untuk melihat miniatur kereta api yang bisa berjalan, udah kayak kereta api sungguhan ya sob.

Anak juga akan diajarkan untuk mempelajari segala sesuatu mengenai kereta api, selain anak senang tentunya dapat pengetahuan juga dong.

Untuk masuk ke wahana miniatur kereta ini tiket masuknya adalah Rp 20.000 ( harga sewaktu-waktu bisa berubah ).

2. Mengunjungi kota mini pasar apung

Di kota mini ini anak-anak para sobat bisa mendapatkan pengetahuan lebih banyak lagi, karena dilokasi ini ada wisata berupa konsep edukasi pengetahuan.


Mereka bisa belajar berbagai macam pengetahuan misalnya menjadi pengasuh anak atau baby sister. Disana akan diajarkan cara memandikan bayi, menggendong bayi dan masih banyak profesi lainnya.

Selain itu di kota mini ini banyak bangunan bagus-bagus ala eropa dan ada juga rumah kaca, tempat bermain anak, dan sebagainya. Pokoknya dijamin anak para sobat wisata pasti girang di lokasi ini.

Buat orang dewasa wahana satu ini juga menarik karena terdapat banyak spot bagus untuk berfoto yang tidak kalah dengan dago dream park bandung.

Untuk masuk wahana kota mini ini tiketnya Rp 25.000 pernorang dan tiket bisa kalian tukar dengan minuman atau snack, ingat harga sewaktu-waktu bisa berubah ya sob.

3. Mengunjungi Kyotoku Floating Market .

Kyotoku ini merupakan bangunan ala jepang yang di bangun di pinggir danau situ umar, jadi jika dilihat dari jauh akan mirip seperti sebuah perkampungan jepang di pinggir danau.

Disini para pengunjung bisa foto-foto karena banyak sekali spot yang bagus banget loh sob. Di kyotoku ini juga para pengunjung tempat wisata bisa sewa baju korea atau jepang sebagai pelengkap untuk berfoto, harga sewa kostumnya adalah Rp 175.000.

4. Rumah Oleh-oleh

Buat para sobat wisata yang doyan makan atau nyemil kalian wajib kunjungi rumah oleh-oleh yang ada di dalam wisata pasar apung bandung ini.

Disini banyak sekali makanan ringan snack dan makanan tradisional lainnya. Sebetulnya tidak hanya berupa makanan saja, banyak juga kok pernak-pernik cenderamata lainnya. Gak lengkap dong sob jika jalan-jalan tanpa beli oleh-oleh.

5. Mencicipi Kuliner Di Floating Market / Pasar Apung

Diwahana satu ini yang paling asik kalian bisa merasakan berbagai macam kuliner makanan, dari makanan tradisional sampai masakan modern pun ada.

Salah satu keuniknya adalah para pedagang disana berjualannya diatas perahu, oh iya kalau kesana kalian jangan lupa ya sob, coba yang namanya fruity floating market.


Fruity atau juice buah ini bisa para sobat cari disana satu perahu yang menjual berbagai macam juice buah nah itu enak sekali minumannya.

Oh iya sob, sistem pembayaran dilokasi satu ini sama dengan restoran khatulistiwa dusun bambu, yaitu menggunakan uang khusus berupa koin.

Untuk mendapatkan koin buat belanja tersebut para sobat bisa tukarkan di kasir khusus tempat penukaran disana.

Jika para sobat menukarkan koin disana, sebaiknya jangan berlebihan ya soalnya jika tidak habis digunakan tidak bisa diuangkan kembali.

Tetapi jika memang kelebihan koin para sobat bisa simpan dulu sementara dan jika suatu hari lain waktu kesana, koin tersebut bisa di pergunakan lagi.

6. Taman Bunga Rainbow Garden

Taman bunga rainbow garden ini merupakan salah satu wahana yang bisa dibilang masih baru yang sob. Taman bunga ini dipenuhi banyak sekali bunga-bunga cantik.

Taman bunga yang sangat luas dan berbentuk terasering ini kerap dijadikan spot bagus untuk berfoto, untuk masuk rainbow garden ini tiketnya adalah Rp 20.000 perorang.

7. Bermain Outbound

Lokasi piknik ini juga memiliki sarana permainan outbound yang tidak kalah menariknya jika dibandingkan dengan grafika cikole lembang.

Permainan outbound disana memang tidak selengkap seperti di grafika yang khusus memang di buka untuk sarana outbound.

Tapi lumayan lah sob, disana sudah ada ATV tiketnya Rp 80.000 perorang, ada juga flying fox Rp 40.000 sekali luncur, dan masih banyak lainnya.

Jam Buka dan Tutup Floating Market Lembang.

Tempat piknik ini mulai beroperasi jika hari biasa senin - kamis buka jam 09.00 dan tutup jam 19.00.

Sedangkan untuk hari jumat - sabtu - minggu buka lebih awal jam 08.00 dan tutup jam 20.00 wib.

Hotel atau Penginapan Dekat Floating Market.

Buat para sobat yang ingin mencari penginapan yang dekat dengan wisata pasar apung ini banyak banget kok.

Kawasan lembang ini memang selain banyak tempat wisata, otomatis kian hari makin banyak bermunculan penginapan murah loh sob, tinggal cari saja sesuai kondisi budget kita.

Atau para sobat ingin menikmati penginapan yang unik khas glamping atau camping ?. Kalau mau penginapan ala camping para sobat bisa menginap di tenda maribaya resort yang lokasinya tidak terlalu jauh dari floating market.

Rute Jalan Ke Wisata Floating Market Lembang

Untuk ke pasar apung lembang ada dua rute yang paling sering orang gunakan diantaranya:

- rute pertama adalah keluar dari gerbang tol pasteur bandung, lalu berlanjut ke jl.djunjunan - jl. Sukajadi - jl.setiabudi - jl.raya lembang , setelah sampai pasar lembang anda berbelok kanan ke jl grand hotel , posisi floating market ada disebelah kiri.

- rute kedua jika dari subang, anda bisa ambil atau ikuti papan petunjuk jalan kearah sari ater lanjut terus melewati tangkuban perahu.

Setelah melewati tangkuban terus saja sampai pasar lembang, sampai pasar lembang jangan belok tetapi terus lurus saja kurang lebih 500 meter sampai di wisata tujuan kita. Jika binggung jalannya kami sarankan para sobat gunakan saja google maps.

Sekian info wisata yang bisa kami bagikan mengenai floating market lembang semoga bisa bermamfaat..terima kasih.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 WISATAPEDIA - Template Created by goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger