Taman Hutan Raya Juanda Dago Lihat Tebing Keraton Dan Tiket Masuknya Murah


Taman Hutan Raya Ir Juanda Dago ini merupakan tempat wisata di bandung yang memiliki wilayah paling luas. Kenapa saya bilang wilayahnya paling luas ?

Karena kawasan wisata bandung ini mencakup dari daerah dago sampai ke kawasan lembang dengan luas area kurang lebih sekitar 590 hektar.

Selain sebagai tempat wisata bandung, Tahura ini berfungsi sebagai hutan lindung kota bandung.

Menurut kami sih tempat ini cocok banget buat destinasi para sobat yang ingin mengisi kegiatan liburan soalnya lengkap banget.

Disana jika para sobat ingin wisata alam ada air terjun, mau wisata sejarah ada goa jepang dan belanda, mau view yang bagus banget ada namanya tebing keraton, mau kuliner juga disana banyak banget tukang jualan, pokoknya lengkap banget deh.

Karena letaknya di daerah dago jika makanan disana kurang puas para sobat bisa mampir ke salah satu tempat wisata kuliner di dago yang keren banget yaitu Dago Bakery Punclut.

Taman wisata alam juanda ini juga kerap dijadikan sarana olah raga joging bagi warga bandung.

Tapi memang betul sih sob, berolahraga pagi disini enak banget soalnya masih sangat asri, udaranya masih sangat sejuk dan paling asik tuh tiket masuknya murah.

Buat para sobat yang bawa anak untuk berwisata disana juga ada loh area tempat bermain anak, ada penangkaran rusa kayak di wisata ranca upas ciwidey.

Tempat ini juga cocok banget buat kalian yang suka hiking, dalam seharian pun kalian belum tentu bisa menjelajah seluruh kawasan tahura juanda karena luas banget.

Harga tiket masuk taman hutan raya juanda dago.

Tiket masuk tahura djuanda ini murah banget cuma Rp 15.000 perorang untuk wisatawan nusantara, sedangkan untuk bule-bule atau wisatawan asing Rp 76.000 perorang.

Dengan tiket segitu para sobat sudah bisa keliling seluruh kawasan didalam tahura serta melihat goa balanda, goa jepang, lihat beberapa curug yang ada disana.

Yang kami tau ada dua tempat didalam taman hutan raya juanda yang kalau masuk harus bayar lagi yaitu tebing keraton dan curug dago.

Untuk tiket tebing keraton sendiri adalah Rp 11.000 perorang dan kalau tiket masuk curug dago Rp 15.000 perorang.

Alamat taman hutan raya ir juanda.

Alamat dari komplek tahura juanda dago ini di jl.ir.h.djuanda no.99 ciburial,Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung - Jawa Barat. Lokasinya juga sangat dekat dengan jalan alternatif menuju ke lembang.

Ada apa saja sih di taman hutan raya juanda.

Kalau di tanya ada apa aja di tahura djuanda mendingan para sobat langsung kesana saja, soalnya banyak banget.

Tempat yang bisa para sobat kunjungi selain lihat pemandangan yang indah-indah. Berikut ini beberapa tempat menarik di tahura dago ini:

1. Tebing Keraton.

Tebing keraton tahura juanda dago ini para sobat bisa melihat pemandangan berupa hamparan hutan yang luas dan tentunya dari tempat yang tinggi banget.

Kalau menurut admin info wisata sih tebing keraton ini spot paling bagus yang ada di tahura, bagus banget buat para sobat yang senang hunting tempat bagus untuk berfoto.

Kalau dipagi hari para sobat bisa melihat lautan kabut yang menyelimuti seluruh kawasan hutan tahura ini, mungkin ini bisa kita sebut negeri diatas awan nya kota bandung.

Nah di tebing keraton ini juga gunung tangkuban perahu terlihat loh, khan luas wilayah tahura dago ini luas banget dari dago sampai lembang makanya bisa terlihat gunung yang melegenda ini.

Lokasi tebing ini masih termasuk wilayah taman hutan raya juanda tetapi ada gerbang dan jalan khusus yang bisa langsung menuju kesana.

Jadi kalau para sobat mau ke tebing keraton ini bisa kalian akses lewat pintu masuk utama tebing keraton dan tetap harus beli tiket masuk lagi.

Jika lewat gerbang tahura otomatis kalian harus berjalan cukup jauh dan kondisi jalannya masih kurang bagus, jadi menurut kami lewat gerbang utama tebing keraton lebih baik.

2. Goa Belanda

Goa Belanda di tahura juanda ini bisa menjadi bukti bahwa negara kita pernah dijajah oleh belanda.

Goa ini merupakan salah satu wisata sejarah yang bisa kalian lihat di tahura. Sebuah goa dengan tiga pintu, pada jaman penjajahan, goa ini di fungsikan sebagai tempat banker penyimpanan senjata dan juga amunisi serta bahan makanan.

Kondisi gua ini sudah cukup modern karena dinding goa sudah terbuat dari semen, jika kesana para sobat juga bisa masuk kedalam goa belanda cuma agak gelap makanya perlu menggunakan senter.

3. Goa Jepang

Goa Jepang ini juga sama peninggalan tentara jepang saat menjajah indonesia, goa ini bisa para sobat masuki jika sedang piknik di wisata bandung ini.

Konon goa jepang ini di bangun oleh tentara jepang menggunakan tenaga kerja orang indonesia saat kerja paksa yang biasa di sebut Romusa.

Dinding goa jepang ini masih belum di semen, masih dari tanah dan sampai sekarang sengaja dibiarkan begitu saja supaya terlihat alami.

4. Curug Omas

Curug Omas Taman Hutan Raya Juanda ini cukup dalam jadi kalian hanya bisa melihat air terjunnya saja.

Para sobat tidak bisa bermain air di curug ini cukup berbahaya, lagian juga airnya keruh atau kurang bersih.

Konon air di curug omas ini tidak pernah kering, karena air ini berasal dari aliran sungai cikapundung.


Berbicara tentang curug omas, ternyata curug ini memiliki legenda yang masih ada kaitannya dengan sangkuriang yang merupakan legenda terbentuknya gunung tangkuban perahu.

Ceritanya dimulai dari ketika sangkuriang di usir dari rumah oleh ibunya akibat membunuh si tumang ( ayahnya sendiri ) beliau pun sangat sedih dan pergi ke hutan dan menangis tiada henti.

Karena tangisan sankuriang yang tiada henti tersebut maka terbentuklah curug omas ini airnya mengalir dan tidak pernah kering.

Begitu halnya dengan sungai cikapundung yang mendapatkan aliran dari curug omas ini. Nama sungai cikapundung ini juga memiliki arti, dalam kata sunda " ci " itu artinya air sedangkan " kapundung " artinya karena bersedih.

Jadi kalau diartikan sungai cikapundung ini berarti air yang mengalir karena seseorang yang bersedih, mungkin itu si sangkuriang kali ya .

5. Curug Dago

Curug Dago Tahura Juanda ini juga merupakan salah satu wisata yang memiliki nilai sejarah, karena konon tempat ini pernah dikunjungi raja thailand.

Curug dago ini juga airnya merupakan aliran dari sungai cikapundung, jadi kualitas airnya sangat tergantung dari aliran sungai tersebut.

Oh iya sob.. nilai sejarah dari curug dago ini yaitu merupakan tempat petilasan raja thailand pada tahun 1818 M.

Dulu raja thailand pernah datang ke curug ini untuk bertapa, konon raja thailand menyukai curug dago ini karena lokasinya sangat asri, tenang dan pemandangan sekitarnya juga sangat indah.


Hal menyatakan bahwa raja thailand pernah kesana adalah dengan ditemukannya dua buah prasasti dengan berukiran huruf thailand.

Oh iya curug dago ini memiliki debit air yang sangat deras dengan ketinggian kurang lebih 800 Meter diatas permukaan laut.

Jika ingin kesana ada beberapa gerbang yang bisa para sobat gunakan seperti dari seberang terminal dago, dari taman budaya ganesha dan tentunya dari tahura juanda.

Tetapi jika dari tahura jalannya agak kurang bagus dan anda harus berjalan cukup lelah.

6. Jembatan goyang kayu.

Di taman hutan raya juanda dago juga terdapat sebuah jembatan kayu yang sering orang gunakan untuk berfoto.

Jembatan ini memang lumayan bagus buat spot foto karena merupakan sebuah jembatan yang letaknya di tengah hutan pepohonan hijau.

Inget ya sob, namanya jembatan goyang bukan jembatan cinta, kalau jembatan cinta mah adanya di farm house lembang.

Kalau jembatan cinta bisa bikin jatuh cinta, kalau jembatan goyang tahura juanda ini mah bikin takut, soalnya jika para sobat naik, jembatannya bakal bergoyang dan bawahnya jurang.

7. Museum Taman Hutan Raya Juanda

Di tahura ini juga memiliki museum yang berfungsi sebagai tempat menyimpan barang purbakala yang ditemukan di tahura ini. Untuk masuk museum ini gratis kok tidak perlu membayar tiket lagi.

8. Batu Selendang Dayang Sumbi atau Batu Batik.

Batu batik ini merupakan sebuah batu yang terbentuk dari lava saat letusan gunung tangkuban perahu.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa batu batik ini terbentuk akibat selendang dayang sumbi yang terjatuh di batu tersebut.

Batu Batik di tahura juanda ini memang motifnya sangat menyerupai ukiran corak batik. Jika para sobat ingin melihatnya lokasinya ada di dekat curug lalay tahura.

9. Penangkaran Rusa.

Di tahura juanda juga memiliki tempat penangkaran rusa, untuk masuk melihat rusa-rusa ini gratis kok.

Disana para sobat bisa berfoto-foto bersama rusa, memberi makan rusa tersebut.

Sebetulnya selain rusa disana juga terdapat banyak binatang lain seperti monyet dan kelinci.

10. Kawasan Kuliner .

Saat ini di tahura juanda dago sudah tersedia banyak sekali tempat makan dengan berbagai jenis makanan.

Terdapat juga banyak cafe , tempat ngopi pokoknya bakalan seru kalau main ke tahura.

Angkutan Umum / Angkot ke taman hutan raya juanda dago.

Untuk angkutan umum yang melewati taman hutan raya ini ada dua jenis yaitu 

• angkot rute ciroyom - ciburial
untuk menemukan angkot ini kalian bisa menunggu di simpang dago.

• angkot caringin - dago
untuk menggunakan angkot jurusan ini para sobat bisa menunggu di jln.pahlawan, tetapi jika menggunakan angkot kalian tidak akan bisa sampai di depan gerbang taman hutan raya juanda.

Walaupun tidak di depan gerbang, para sobat bisa turun di pertigaan dekat tahura dan bisa dilanjutkan dengan berjalan kurang lebih 500 meter dan kalau malas jalan ya bisa gunakan jasa tukang ojek.

Rute Jalan ke taman hutan raya juanda dago menggunakan kendaraan pribadi.

Jika menggunakan kendaraan pribadi ke tahura juanda bisa dari jalan merdeka lalu menuju jalan dago ( jl.ir.h.djuanda ).

Kalau sudah di dago, para sobat lurus sampai simpang dago lalu mengambil kanan menuju ke dago pakar dan akan sampai di tahura.

Bagi warga jakarta bisa keluar di gerbang tol pasteur lalu terus menaiki flyover pasteur, setelah itu turun dari flyover yang menuju ke kawasan dago.

setelah sampai di jalan utama dago para sobat tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju dago pakar dan akan sampai di tahura. Jika rute jalannya ragu para sobat bisa gunakan google maps

Tips ke taman hutan raya juanda dago.

Beberapa tips ke tahura juanda dago yang wajib anda ketahui :

- sebaiknya gunakan sepatu jika para sobat mau ke tahura, soalnya lokasinya luas banget, pastinya harus jalan kaki terus makanya jika menggunakan sepatu akan lebih nyaman.

- jika ingin ke goa jepang atau belanda ada baiknya anda menyiapkan senter karena didalam goa nya gelap, kalau tidak ada senter bisa gunakan senter di handphone atau bisa sewa seharga Rp 5.000.

- jika ingin tau sejarah lengkap mengenai goa jepang dan belanda bisa sewa guide yang sudah ada di depan goa, harga sewa guide bisa anda tawar menawar dulu, jangan sampai kena getok harga.

- kalau kalian punya sepeda bisa sekalian dibawa jika ingin ke tahura juanda, karena disana juga asik untuk bersepeda, kalau berjalan pasti capek banget.

- jika lelah berjalan di tahura sebaiknya beristirahat saja dulu di tempat yang sudah disediakan untuk istirahat pengunjung, atau kalian bisa beristirahat di warung-warung tempat makan yang sudah ada disana.

- perhatikan rambu atau papan pengumuman yang sudah disediakan karena terkadang ada daerah rawan yang tidak boleh sikunjungi di tahura, seperti takut ada pohon tumbang atau kontur jalannya kurang aman.

- jika kalian ke tahura juanda hanya ingin lihat air terjunnya saja sebaiknya masuk dari gerbang maribaya lembang, karena curug di tahura ini lebih dekat jika dari maribaya.

- jika bermaksud ingin menjelajah seluruh kawasan wisata taman hutan raya juanda sebaiknya berangkat lebih pagi sekalian lihat tebing keraton yang kadang paginya di selimuti kabut. Jika berangkat lebih pagi kemungkinan anda bisa menjelajahi seluruh kawasan tahura.

- untuk ke tahura ini akan lebih baik jika kondisi anda dalam keadaan fit atau tidak sakit, karena akan banyak aktifitas b
- jangan lupa jika ketahura gunakan pakaian agak tebal dan jaket karena suhu udara disana cukup dingin.

Sekian info wisata dari kami mengenai taman hutan raya juanda dago, semoga bermamfaat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 WISATAPEDIA - Template Created by goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger