Wisata Situ Patenggang Ciwidey Dan Glamping Lakeside Rancabali Saat Ini.


Jika para sobat berkunjung ke Situ Patenggang Ciwidey saat ini ada sedikit info wisata buat anda, sekarang di sampingnya sudah terdapat salah satu lokasi wisata baru yaitu Glamping Lakeside Rancabali.

Kedua tempat wisata ciwidey ini memang tidak dapat dipisahkan karena berada pada satu lokasi yang sama.

Membicarakan ciwidey ini tidak lepas dari banyaknya destinasi wisata, terutama daerah rancabali.

Rancabali ini memiliki banyak sekali pemandangan yang indah seperti danau situ patenggang yang dikelilingi oleh luasnya perkebunan teh ditambah dengan adanya sebuah perahu pinisi glamping lakeside.

Keberadaan banyaknya lokasi wisata ciwidey membuat antusias para pengunjung kian hari semakin banyak.

Wisata situ patenggang ini juga merupakan salah satu tempat yang memiliki cerita dongeng seperti halnya dengan legenda gunung tangkuban perahu.

Sejarah Situ Patenggang Ciwidey.

Tidak hanya tangkuban perahu dan wisata lainnya di indonesia yang memiliki sejarah, ternyata danau patenggang juga sama memiliki legenda yang selama ini beredar, begini kisahnya.

Konon menurut lelehur sunda asal-usul nama patenggang ini berasal dari kata " pateang-teangan " yang artinya "saling mencari" .

Pada jaman dahulu kala ada sepasang kekasih yang saling jatuh cinta, singkat kata nama pasangan tersebut adalah ki santang dan dewi rengganis, tetapi entah apa sebabnya akhirnya pasangan ini terpaksa harus berpisah.

Karena cinta mereka yang begitu dalam akhirnya mereka saling mencari ( pateang-teangan kata orang sunda). Singkat kata sampai suatu hari akhirnya mereka di pertemukan di daerah patenggang ini.

Setelah mereka saling bertemu dewi rengganis minta dibuatkan sebuah danau lengkap dengan perahunya supaya mereka bisa berkeliling danau berdua menggunakan perahu tersebut, romantis bener ya sobat..

Sampai saat inilah perahu tersebut berubah menjadi sebuah pulau berbentuk hati yang letaknya ada di tengah danau situ patenggang.

Yang manjadi saksi dari kisah cinta mereka adalah batu-batu yang berada di danau patenggang yang sekarang di sebut Batu Cinta.

Tetapi jika para sobat penasaran apakah benar ada pulau yang berbentuk hati di patenggang, pulau tersebut hanya bisa kita lihat berbentuk hati jika dari atas atau dari ketinggian.

Ketika para sobat berkeliling danau tidak akan menyadari kalau pulau tersebut berbentuk hati.

Tiket Masuk Situ Patenggang dan Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey.

Kedua tempat wisata ciwidey ini memiliki gerbang masuk masing-masing dan memiliki tiket masuk tersendiri.

Tiket masuk untuk ke situ patenggang sendiri adalah Rp 18.000 dan weekand Rp 25.000 sedangkan tiket masuk ke glamping lakeside rancabali juga sama Rp 18.000 weekand Rp 25.000.

Jadi tinggal para sobat pilih saja mau masuk lewat gerbang patenggang atau lewat glamping lakeside rancabali.

Saran kami untuk para sobat wisata sebaiknya para sobat menggunakan tiket terusan untuk mengunjungi kedua lokasi wisata tersebut yang harganya Rp 50.000 per orang.

Kegiatan di Situ Patenggang dan Glamping Lakeside Rancabali.

Berbagai kegiatan wisata yang bisa kita lakukan jika mengunjungi situ patenggang dan glamping lakeside rancabali diantaranya :

1. Bermain di Kebun Teh .

Hampir seluruh kawasan kedua wisata ini di kelilingi oleh luasnya perkebunan teh. Di kebun teh ini para sobat bisa bebas berjalan-jalan sambil menikmati indahnya perkebunan teh sambil berfoto-foto.

2. Naik Perahu keliling danau

Di wisata ini para sobat juga bisa berkeliling danau seperti di floating market lembang.
kalian bisa coba naik perahu dengan pasangan biar romantis kayak mengulang mitos ki santang dan dewi rengganis.

Untuk perahunya tidak gratis ya sobat, tarif sewanya biasanya sih berkisar antara Rp 20.000 - Rp 30.000 tergantung kalian pintar-pintar nawar saja sama abang pemilik perahunya.

Selain itu banyak juga loh spot bagus untuk berfoto dipinggir danau, inget loh sobat hanya berfoto jangan berenang.

Jika ingin berenang atau berendam para sobat bisa kunjungi kawah rengganis cibuni yang lokasinya juga gak jauh dari sana, soalnya di patenggang tidak ada kolam renang.

3. Mengunjungi batu cinta patenggang.

Banyak sekali pasangan yang sengaja ke patenggang untuk melihat batu cinta ini karena menurut mitos yang beredar jika para sobat menuliskan nama kalian dan pasangan pada batu tersebut maka cinta kalian akan abadi.

Gimana para sobat tertarik untuk mencobanya? Yach..namanya juga mitos boleh percaya boleh tidak, tergantung masing masing orang saja ya sob.

4. Mencoba Kuliner di Pinisi Resto Glamping Lakeside.

Perahu pinisi ini sebetulnya merupakan restoran tempat makan dengan view yang langsung mengarah ke danau situ patenggang.



Untuk masuk ke pinisi resto ini tiketnya adalah Rp 15.000 perorang. Untuk harga menu kuliner di pinisi resto ini harganya kurang lebih sama dengan restoran high class pada umumnya, yang jelas harganya diatas harga warteg. Kalau sudah bilang harga high class tentu para sobat paham dong maksudnya.

Untuk makan di pinisi resto ini kita juga bisa memilih area makan indoor atau outdoor seperti di heha skyview yogyakarta.

Kalau ingin makanan yang kelasnya murah meriah solusinya ada kok sobat, kalian bisa makan di warung-warung tempat makan di pinggir danau banyak kok sob.

5. Mengunjungi Taman Kelinci Patenggang / Glamping Lakeside.

Ternyata di glamping lakeside rancabali ciwidey ini juga terdapat taman kelinci dan kelinci disini tidak kalah lucu nya dengan di dago dream park.

Buat para sobat yang ingin berwisata bersama anak, lokasi situ patenggang ini juga sangat cocok loh karena kita memang wajib mengenalkan pada anak pengetahuan tentang binatang ternak.

Rute Jalan ke Situ Patenggang dan Glamping Lakeside Rancabali .

Jika para sobat ingin ke situ patenggang atau glamping lakeside rancabali sangat mudah, jika menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil tinggal masuk tol dan keluar melaui gerbang tol soreang.

Setelah keluar tol soreang para sobat bisa mengikuti petunjuk jalan ke arah ciwidey, setelah melewati tempat wisata kawah putih berarti posisi kalian sudah dekat.

Kalau sobat mau mampir dulu di kawah putih bisa saja. Oh iya sob jarak kawah putih ke patenggang hanya 12 km dan bisa ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan.

Penginapan dekat situ patenggang dan glamping lakeside rancabali ciwidey.

Untuk penginapan di daerah dekat patenggang sebetulnya banyak sekali bahkan di glamping lakeside rancabali juga menyediakan paket perlengkapan untuk pengunjung yang ingin menginap.

hanya saja harga penginapan di dalam patenggang ini harganya agak lumayan tinggi, tetapi sebandinglah dengan fasilitasnya yang lengkap juga sangat nyaman.

Jika para sobat ingin mencari penginapan yang murah dan dekat dengan wisata situ patenggang, silahkan cari melalui online di agoda.

Di sekitar wisata ciwidey juga banyak kok penginapan berupa hotel atau villa, atau jika para sobat memiliki tenda sendiri bisa coba camping di ranca upas ciwidey.


Oh iya sobat, sebetulnya lokasi pinggir danau wisata ini bisa dijadikan lokasi camping, tetapi para sobat harus meminta ijin terlebih dahulu kepada petugas pengelola tempat wisata.

Sekian info wisata dari kami mengenai situ patenggang dan glamping lakeside rancabali, semoga bermamfaat..

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 WISATAPEDIA - Template Created by goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger