Curug Cinulang Cicalengka Harga Tiketnya Murah


Curug Cinulang Cicalengka ini merupakan salah satu destinasi wisata berupa air terjun yang ada kecamatan sumedang.

Saat ini air terjun yang eksotis ini memiliki tambahan fasilitas baru yaitu tempat beristirahat berupa jembatan menyerupai skywalk yang dibangun dekat sekali dengan pancuran air dari curug tersebut.

Dengan adanya fasilitas baru ini para pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati dan merasakan percikan air dari curug yang eksotis ini.

Keberadaan air terjun ini memang agak sedikit tersembunyi, selain itu buat warga bandung nama curug satu ini sepertinya kurang terkenal jika dibandingkan dengan tempat wisata yang ada disekitaran lembang.

Untuk para sobat wisata yang tinggal di daerah bandung atau jawa barat, curug ini bisa kalian kunjungi sebagai sarana untuk mengisi jadwal liburan bersama keluarga.

Debit air terjun di wisata ini tidak kalah deras jika dibandingkan dengan curug dago yang berada dikawasan taman hutan raya juanda bandung.

Curug cinulang atau sering juga orang menyebutnya dengan istilah curug sindulang ini memiliki ketinggian 50 hingga 60 meter.

Dengan debit airnya yang deras, dari kejauhan para sobat sudah bisa merasakan percikan air dari curug tersebut.

Air terjun atau biasa orang sunda menyebutnya dengan curug ini memiliki dua pancuran air.

Lokasi di tempat wisata ini juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh perbukitan dan banyaknya pepohonan yang rindang.

Harga tiket curug cinulang cicalengka.

Untuk harga tiket wisata air terjun di kabupaten sumedang ini sangat terjangkau hanya Rp 10.000 perorang.

Sedangkan harga parkir motor disana Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 08.00 - 17.00 wib.

Lokasi curug cinulang cicalengka.

Lokasi atau alamat curug ini berada di desa sindulang, jl. Curug Sindulang, sindang wangi, kecamatan cimanggung, kabupaten sumedang, jawa barat.

Lokasi curug ini jika dari pusat kota bandung atau jalan asia afrika jaraknya sekitar 39 km dan bisa ditempuh kurang lebih 1 jam 30 menit dengan kendaraan pribadi.

Mitos curug cinulang cicalengka

Oh iya sobat wisata, ternyata wisata curug ini juga memiliki mitos yang konon masih sangat dipercaya masyarakat sekitar sana.

Mitos yang beredar disana kurang lebih masih sama seperti di wisata situ patenggang yaitu masalah jodoh.

Konon jika orang yang mandi di air terjun curug cinulang tersebut jika masih sendiri ( belum memiliki pasangan ) maka akan cepat mendapatkan pendamping hidup.

Akan tetapi jika orang yang mengunjungi tempat wisata tersebut bersama pasangan ( dalam artian belum menikah ) maka cintanya akan kandas ditengah jalan.

Ya namanya mitos, para sobat boleh percaya boleh juga tidak, yang jelas mah jodoh sudah diatur yang maha kuasa.

Fasilitas curug cinulang cicalengka

Untuk fasilitas umum di tempat wisata ini sudah cukup memadai seperti tersedianya toilet, tempat ibadah dan lainnya.

Untuk parkir kendaraan sih sudah ada sob, hanya saja kurang luas. Parkir kendaraan disana terpaksa harus di pinggir jalan.

Tapi walaupun parkir di pinggir jalan cukup aman kok, karena sudah ada petugas parkir yang akan menjaga kendaraan kita, petugasnya juga sangat ramah.

Disekitar sana juga banyak sekali warung yang menjual makanan dan minuman, jadi para sobat tidak perlu kuatir lapar atau haus.


Selain menikmati keindahan curug cinulang, para sobat juga bisa mandi dibawah air terjun tersebut. Kalian bisa merasakan dinginnya air yang ada disana.

Hanya terkadang saat tertentu airnya agak keruh, jadi sebaiknya jika jika mau bermain air para sobat lihat dulu kondisi airnya.

Fasilitas berupa penginapan di wisata ini belum tersedia, paling solusinya para sobat bisa menginap di aki dan enin yang lokasinya tidak jauh dari sana.

Jika tidak ingin menginap di aki dan enin para sobat bisa mencari penginapan di sekitar jatinangor atau cileunyi.

Rute Jalan Ke Curug Cinulang Cicalengka

• jika mengunakan mobil, para sobat bisa keluar di gerbang tol cileunyi lalu berlanjut ke jalan raya bandung - garut (jl.rancaekek).

Setelah di jalan rancaekek tinggal lurus terus saja sampai ketemu papan petunjuk jalan menuju wisata aki dan enin.

Setelah ketemu petunjuk arah ke aki dan enin, para sobat berbelok kiri, setelah itu tinggal lurus saja dan akan sampai di lokasi wisata tujuan kita.

Kondisi jalan menuju curug saat ini sudah sangat bagus karena sudah diaspal jadi para sobat bisa nyaman berkendara.

• jika menggunakan motor rutenya dari arah bandung - cibiru - cileunyi - rancaekek - ketemu papan petunjuk jalan ke aki dan enin tinggal belok kiri dan lanjut lurus terus akan sampai.

• jika menggunakan angkutan kota, bisa naik dari cileunyi, angkot menuju garut atau tasikmalaya, turun di papan petunjuk aki dan enin, setelah itu dilanjutkan dengan naik ojek.

Jika para sobat ragu dengan jalannya, bisa sambil dipandu menggunakan google maps.

Tips wisata ke curug cinulang cicalengka

- jangan lupa bawa baju ganti, karena jika wisata kesana kemungkinan pakaian anda akan kebasahan.

- jika berjalan turun ke air terjunnya harus berhati-hati karena dari gerbang masuk harus jalan dulu turun melewati tangga kurang lebih 100 meter dan tangganya agak curam.

- saat musim hujan kondisi air di curug mungkin agak keruh, jadi kurang cocok buat mandi.

- perjalanan menuju lokasi wisata curug ini banyak tikungan tajam, jadi harap berkendara dengan ektra hati-hati.

Sekian info wisata dari kami mengenai wisata di curug cinulang cicalengka, semoga bermamfaat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 WISATAPEDIA - Template Created by goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger