Tiket Masuk Danau Situ Bagendit Garut


Danau Situ Bagendit yang berada di garut ini bisa menjadi destinasi wisata bagi para sobat untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Tempat ini juga sangat asik juga buat kalian yang ingin mencari ketenangan dengan cara menikmati keindahan danau.

Sama seperti situ patenggang yang ada di ciwidey, ternyata wisata garut ini juga memiliki mitos atau cerita rakyat yang beredar di kalangan masyarakat mengenai asal usul terbentuknya danau situ bagendit ini.

Jarak danau ini dari pusat kota garut juga tidak terlalu jauh, hanya 12 km dan bisa para sobat tempuh sekitar setengah jam dengan kendaraan pribadi.

Kondisi sekitar danau ini masih sangat asri, dan juga terdapat banyak fasilitas seperti rakit, sepeda air, perahu dan sarana permainan lainnya. Disana juga kita langsung bisa melihat pemandangan berupa gunung guntur dari kejauhan.

Hanya ada satu kekurangan yang perlu dibenahi oleh pengelola tempat wisata yaitu banyaknya enceng gondok dan juga tanaman bunga teratai yang makin tumbuh bertambah subur, semoga tanaman yang mengganggu keindahan danau ini bisa cepat dibersihkan.

Harga Tiket Masuk Situ Bagendit Garut Murah Meriah.

Harga tiket untuk berkunjung ke danau garut ini terbilang sangat murah hanya Rp 5.000 perorang, sedangkan harga parkir kendaraan mobil Rp 7.000 dan motor Rp 5.000.


Untuk parkir bus jika para sobat datang rombongan yaitu Rp 15.000. Disana juga para sobat bisa keliling danau dengan sewa sepeda air atau perahu seharga Rp 25.000.

Buat para sobat yang senang memancing ikan juga diperbolehkan disana, kalian bisa bawa semua perlengkapan pancing. Untuk memancing para sobat hanya perlu bayar tiket masuknya saja.

Alamat Danau Situ Bagendit Jawa Barat.

Danau ini beralamat di desa bagendit, kecamatan banyuresmi, kabupaten garut - Jawa Barat.

Jika para sobat ini berlibur di danau garut ini rute jalannya bisa kalian pandu menggunakan aplikasi google maps.

Legenda Situ Bagendit Garut.

Kalau tangkuban perahu punya cerita legenda, danau Bagendit ini juga memiliki story cerita rakyat yang sangat dikenal banyak orang.

Konon ceritanya begini, nama tempat ini diambil dari kata "situ" yang artinya danau, sedangkan kata "bagendit" diambil dari nama seseorang yang bernama "Nyai Bagendit".

Nyai Bagendit ini sangat dikenal oleh warga sekitar desa sebagai orang yang sangat pelit, kikir dan sangat suka memamerkan harta kekayaannya.

Cerita singkatnya sampai suatu hari ada seorang pengemis yang meminta sedekah kepada nyai Bagendit ini, tetapi bukannya sedekah yang dikasih yang ia dapatkan malah berupa cacian dan makian, bahkan pengemis tersebut pun diusir.

Akibat perbuatannya tersebut pengemis tersebut sangat sedih lalu pergi begitu saja, keesokan harinya warga sekitar menemukan sebuah tongkat yang menancap didekat rumah nyai bagendit.

Tongkat tersebut tidak ada satu orangpun yang bisa mencabutnya, tiba-tiba datanglah pengemis tua tersebut dan beliau pun mencabut tongkat tersebut.

Setelah tongkat tersebut dicabut air pun tidak berhenti-hentinya keluar dari tanah. Melihat keadaan tersebut seluruh warga pun meninggalkan kampung tersebut untuk mengungsi mencari tempat aman.

Lain halnya dengan nyai bagendit, beliau tidak mau meninggalkan hartanya dan akhirnya tenggelam bersama hartanya tersebut. Setelah itu desa tersebut pun berubah menjadi sebuah danau dan warga desa sana memberinya nama situ bagendit.

Fasilitas di wisata situ bagendit.

Tempat wisata di garut ini sudah memiliki berbagai fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah, lokasi tempat parkir kendaraan juga tempat berjualan makanan dan minuman.

Sedangkan untuk penginapan disana belum tersedia, jika para sobat ingin menginap kalian bisa mencari hotel atau villa disekitar yang tidak terlalu jauh dari lokasi wisata tujuan.

Sekian info dari wisatapedia mengenai danau situ bagendit garut Jawa barat, semoga bisa bermanfaat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 WISATAPEDIA - Template Created by goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger